Minggu, 13 Juli 2014

HID, Menguntungkan Atau Merugikan ?

Di sini kami akan mengulas serba-serbi lampu HID yang sering kita lihat di jalan. sebelum itu kami akan memberikan penjelasan tentang HID. Lampu HID atau High Intensity Discharge lamps adalah sebuah tipe lampu elektronik yang sinarnya dihasilkan oleh  busur listrik diantara elektroda tungsten yang berada di dalam gelas kaca, berbeda dengan jenis lampu halogen yang menggunakan filamen sebagai sumber pencahayaan.
Perbedaan lampu HID dengan lampu halogen biasa dapat diamati dengan jelas. Keunggulan yang paling terlihat adalah pada umumnya lampu HID  menghasilkan cahaya putih dan biru yang sangat terang, sedangkan lampu halogen hanya memancarkan sinar kuning biasa, warna lampu HID di tentukan oleh satuan kelvin, pilihan tersedia dari 3000k sampai 30.000 kelvin, semakin tinggi derajatnya maka cahaya yang dihasilkan semakin kebiruan. selain  temperatur 3000-30.000K, lampu HID juga tersedia dalam pilihan warna special colour yang menarik. warna putih, kuning, pink, hijau, biru adalah jenis warna khusus yang juga tersedia.

Dengan daya 35 watt, lampu HID dapat menghasilkan cahaya hampir tiga kali lipat dibanding dengan cahaya yang dihasilkan oleh lampu halogen 55 watt. Dengan life time lebih dari 3000 jam maka lampu HID dapat diandalkan untuk menemani perjalanan malam anda.

Salah satu kekurangan lampu HID adalah harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan lampu Halogen, tetapi bersamaan dengan waktu harga lampu HID telah turun dengan drastis, HID set type H4 untuk mobil yang dulu berharga 2 juta, sekarang dapat diperoleh dengan harga 800rb rupiah bergaransi 1 tahun.
Bohlam lampu terdapat banyak warna dengan satuan Kelvin (K), berikut penjelasan singkat untuk warna:

- 3000K = cahaya yang dihasilkan berwarna Kuning Emas atau Sangat Kuning.
- 4300K = cahaya yang dihasilkan berwarna Kuning (ini yg dipakai standar pabrik motor atau mobil).
- 6000K = cahaya yang dihasilkan berwarna Putih.
- 8000K = cahaya yang dihasilkan berwarna Putih Kebiruan (banyak orang bilang inilah standart lampu HID).
- 10000K = cahaya yang dihasilkan berwarna Biru.
- 12000K = cahaya yang dihasilkan berwarna Biru Keunguan.
- 15000K = cahaya yang dihasilkan berwarna Ungu.
- Special Colour = PINK (merah muda), GREEN (hijau), dan warna lainnya.

Ballast dengan satuan Watt (W) tingkat terang Lampu, berikut penjelasan singkatnya:
- 35W = standar Xenon HID Light (ada bbrp merk lain mgkn di 25W dan sebagainya).
- 55W = Dua kali lebih terang dari 35W (biasanya warna akan turun Kelvinnya dgn Watt yg besar).

Dari penjelasan di atas dapat diketahui nahwa HID menghasilkan cahaya yang sangat terang pada kendaraan. Namun, keunggulan tersebut juga merupakan kelemahannya juga, karena dapat menyilaukan pengguna jalan di depannya. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan penggunaan projector sebagai pengfokus cahaya HID. Penggunaan HID tanpa projector menghasilkan cahaya yang menyebar kemana-mana, sedangkan projector mengfokuskan cahaya HID agar tetap fokus pada jalan. Selain memfokuskan, projector membuat tampilan motor kita lebih gagah dan keren.
Projector di headlamp Byson

Projector

Be smart Rider, gunakan HID dengan projector agar tidak merugikan pengguna lainnya.
Keep safety riding. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar