Kamis, 30 Agustus 2012

AKSESORIS YANG SERING DI PAKAI BIKER

Dalam touring banyak biker yg menambahkan aksesoris di motornya, tujuannya adalah 'menambah' nilai guna, bukan 'mengurangi.' Selain 'menambah' nilai fungsi motor, aksesoris juga bertujuan ajang 'gaya'. Bukan berarti kebut-kebutan di jalan, namun menambah rasa aman saat berkendara. Berikut beberapa aksesoris tersebut.

1. Box
 
Bagi pecinta touring, barang ini sudah umum di kalangannya. Meskipun terlihat seperti 'magic jar' kalau orang awam bilang, namun tingkat keamanan aksesoris ini lebih tinggi daripada membawa barang dengan hanya menalinya. Selain itu keefesienan box juga bagus, gaperlu repot masang kayu ato apalah, tinggal buka terus masukin ke box



2. Engine guard

Selanjutnya engine guard, kalo yang ini sudah umum di kalangan motor polisi. Aksesoris ini bertujuan melindungi mesin dan tanki saat terjadi kecelakaan atau jatuh. Selain itu engine guard bisa membuat motor terlihat lebih besar saat di lihat dari depan.

3. Ban dan velg lebar

'buat apasih ban kog gede-gede amat, enakan juga ban kecil, ringan+cepet ?' begitulah anggapan banyak orang. Namun, penggunaan ban 'gede' sangat menguntungkan bagi kalangan biker, keamanan saat bermanuver atau saat belok sangat diperhtiungkan di sini. Ban lebar berarti penampang ban yang menyentuh tanah juga banyak, berarti ga gampang jatuh. Itulah point yang penting. Gakmau kan kalo saat touring terus bannya selip gara-gara . Namun semua itu kembali pada peminat dan pengguna masing-masing. Ban gede juga ga bisa menjamin ban itu anti selip, tergantung dari tingkat kekerasan ban itu sendiri.

4. Lampu

Penambahan aksesoris lampu juga berguna bagi penggunanya, di saat tidak ada penerangan di jalan, lampu aksesoris juga bisa menerangkan jalanan atau hanya sekedar sebagai penanda. Umumnya banyak biker yang merubah lampu utama menjadi HID dengan alasan biar lebih jelas jalanannya.

5. Stick lamp
Kalau ini biasa dalam rombongan, setidaknya ada 1 dalam rombongan. Berfungsi sebagai penanda atau pemberi kode.

6. Safety Gear

kalau yang ini tidak menempel di motor, melainkan di badan biker itu sendiri. Biasanya berupa Jaket tebal, sepatu, knee protector dan rompi. Bertujuan untuk berjaga-jaga kalau hal yang tidak di inginkan terjadi. sesuai dengan moto biker yaiu "Safety Riding"

Sekian sedikit coretan dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar